Home » » Pembinaan Yang Fatal

Pembinaan Yang Fatal

Written By Afrizal on Senin, 08 September 2014 | 10.41








Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia akan belajar memaki
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi
Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri
Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyesali diri
Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri
Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri
Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai
Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, ia belajar keadilan
Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, ia belajar menaruh kepercayaan
Jika anak dibesarkan dengan dukungan, ia belajar menyenangi dirinya
Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan.


Judul yang cukup menarik dan bikin berfikir para pelaksana pembinaan yang keliru. mungkin satu bulan kemaren kita semua tau seluruh indonesia bahkan hampir 100% melaksanakan OSPEK untuk mahasiswa baru. yang konon katanya bertujuan untuk membina MENTAL dan Menghormati SENIOR. dari kata-kata seperti ini saja sudah terlihat jelas pemaksaan yang salah. kata meng HORMATI senior! junior dipaksa untuk hormat kepada atasanya. dan celakanya lagi setiap OSPEK selalu ada acra dimana khusus untuk meluapkan EMOSI yang tidak tau asal usulnya. Justru dengan bertindak seperti ini tanpa sadar senior membangun konsep diri brutal pada junior.
ada yang mengatakan lagi, tujuannya untuk disiplin junior kelak bisa merubah sifat yang tidak disiplin. sekarang saya ingin bertanya. sudah berhasilkah dalam waktu yang singkat bisa merubah kebiasaan itu? saya belum mendengar ada yang berhasil. coba fikir kembali, sifat kita semua dibangun cukup lama. akan sangat sulit sekali jika kita merubah program dalam diri kita dalam waktu singkat, butuh proses kawan. karna itu sudah masuk dalam konsep diri. saya ibaratkan konsep diri sebuah meja. dari satu meja ada empat kaki yang menopang meja itu. nah jika anda ingin merubah sifat, anda harus merobohkan empat kaki itu dan mengganti yang baru. dalm dunia psikologi dan hipnoterapis dikenal dengan EGO PERSONALITY. dari masing-masing EGO PERSONALITY ada bagian-bagianya yang disebut EGO STATE.

Saya tidak melarang untuk mengadakan OSPEK, justru itu penting karna untuk mengenalkan kampus tercinta. namun jangan memakai cara yang salah kawan.

" Jika ingin di HORMATI junior, bukan dengan kekerasan, tetapi dengan Kasih sayang dan penghormatan kembali. Jika ingin mengakrabkan, akrabkanlah dengan saling peduli satu sama lain, dan percayalah dengan berjalanya waktu maka akan terjalin ke akraban."
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bandung Hypnotherapy Community - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger